Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) Ke-1

Kerja Sama Dalam Membangun Perpustakaan Digital Nasional Indonesia

International Conference on Asia-Pacific Digital Libraries (ICADL) yang diselenggarakan setiap tahun merupakan forum penelitian dan pengkajian perpustakaan digital yang cukup penting. Forum ini membuka peluang bagi para peneliti, pengajar, dan praktisi di bidang perpustakaan, khususnya perpustakaan digital, untuk berbagi pengalaman.

ICADL selalu terbuka untuk membahas tema-tema yang berkaitan dengan berbagai perspektif perpustakaan digital. Dalam konferensi-konferensi sebelumnya telah dibahas sejumlah topik, mencakup ilmu komputer, ilmu perpustakaan dan informasi, manajemen pengetahuan (knowledge management), dan berbagai bidang ilmu sosial dan humaniora.

Tema yang ditetapkan untuk Dalam ICADL 2008 adalah, "Digital Libraries: Universal and Ubiquitous Access to Information". Tema ini diharapkan akan memberikan kesempatan bagi komunitas perpustakaan digital di seluruh dunia, khususnya di Asia-Pasifik untuk menyampaikan kemajuan yang telah dicapai dalam mewujudkan perpustakaan digital yang mampu mendukung masyarakat untuk menemukan dan memanfaatkan informasi yang diperlukannya.

Mengawali pelaksanaan ICADL 2008 ini, yaitu pada tanggal 2 Desember 2008, diselenggarakan Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI)  dengan tema "Kerja Sama Dalam Membangun Perpustakaan Digital Nasional Indonesia" Konferensi berskala nasional ini direncanakan akan dilselenggarakan secara berkala setiap tahun dan diharapkan akan menjadi wadah bagi para penyelenggara perpustakaan dan pustakawan Indonesia untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman tentang berbagai aspek perpustakaan digital.

Melalui KPDI diharapkan akan dihasikan rekomendasi untuk pengembangan Kerangka Kerja Nasional Perpustakaan Digital Indonesia.

TEMA :

Kerja Sama Dalam Membangun Perpustakaan Digital Nasional Indonesia

TOPIK

Kerja Sama Dalam Membangun Perpustakaan Digital Nasional Indonesia

PENYELENGGARA

  1. Perpustakaan Nasional RI
  2. Universitas Indonesia
  3. Universitas Kristen PETRA, Surabaya

PESERTA

  1. Pengelola berbagai jenis perpustakaan
  2. Pustakawan dan tenaga perpustakaan di perpustakaan umum, khusus, dan perguruan tinggi
  3. Akademisi, peneliti, pengajar dan mahasiswa ilmu perpustakaan dan informasi
  4. Penerbit
  5. Perusahaan penyedia informasi
  6. Seluruh pemangku kepentingan (Stakeholders)

TUJUAN

Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI)  dengan tema "Kerja Sama Dalam Membangun Perpustakaan Digital Nasional Indonesia" Konferensi berskala nasional ini direncanakan akan dilselenggarakan secara berkala setiap tahun dan diharapkan akan menjadi wadah bagi para penyelenggara perpustakaan dan pustakawan Indonesia untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman tentang berbagai aspek perpustakaan digital.

WAKTU

02-05 Desember 2008

TEMPAT

DISCOVERY KARTIKA PLAZA HOTEL
Jl. Kartika Plaza
Kuta, Bali, Indonesia
Telp. (62 361) 751067 Fax. (62 361) 753988