Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) Ke-4

Interoperabilitas Sistem Perpustakaan Digital

Perkembangan TIK membuka peluang bagi setiap perpustakaan konvensional untuk mulai membangun koleksi bahan perpustakaan digitalnya untuk dilayankan kepada pemakainya. Teknologi jaringan juga membuka peluang bagi perpustakaan untuk memanfaatkan bersama  (sharing)  sumber informasi digital yang dimiliki, yaitu dengan  menyediakan akses bagi perpustakaan lain ke koleksi digital miliknya dan sebaliknya, mengakses koleksi digital milik perpustakaan lain. Dengan demikian peluang suatu perpustakaan untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi pemustaka masing-masing semakin besar.

Peralihan dari tahap pengembangan koleksi digital yang berdiri sendiri ke tahap pengembangan jejaring “perpustakaan digital” untuk pemanfaatn bersama sunber informasi yang dimiliki tentunya bukan merupakan proses yang sederhana. Salah satu prasyarat yang harus dipenuhi agar jejaring perpustakaan digital dapat beroperasi sebagaimana yang diharapkan adalah terwjudnya interoperabilitas antarperpustakaan anggotanya. Saat ini di Indonesia telah dikembangkan sejumlah jejaring perpustakaan digital, baik yang dibangun berdasarkan kesamaan komunitas pemakainya, jenis perpustakaan, layanan, maupun koleksinya.

Mengingat pentingnya peran interoperabilitas, maka ditetapkan bahwa tema penyelenggaraan  Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-4 (KPDI-4)  adalah “Interoperabilitas Sistem Perpustakaan Digital”.

TEMA :

Interoperabilitas Sistem Perpustakaan Digital

TOPIK

  1. Aspek Koleksi
  2. Aspek Kebijakan,Regulasi,dan Legal
  3. Aspek Teknis
  4. Aspek Data
  5. Aspek Aplikasi
  6. Aspek Infrastruktur
  7. Aspek Manusia (SDM)

PENYELENGGARA

  1. Perpustakaan Nasional RI
  2. Panitia Pengarah KPDI
  3. Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur

PESERTA

  1. Pengelola berbagai jenis perpustakaan
  2. Pustakawan dan tenaga perpustakaan di perpustakaan umum, khusus dan perguruan tinggi.
  3. Akademisi, peneliti, pengajar dan mahasiswa ilmu perpustakaan dan informasi
  4. Penerbit sumber informasi digital (E-publishers)
  5. Perusahaan penyedia informasi (information providers)
  6. Seluruh stakeholders dalam bisnis multimedia

TUJUAN

Saat ini di Indonesia telah terbentuk beberapa jaringan-jaringan perpustakaan digital, baik yang dibangun berdasarkan kesamaan jenis perpustakaan, layanan, maupun koleksinya. Melalui KPDI-4 diharapkan akan semakin terbangun kesadaran para pengelola perpustakaan akan pentingnya mewujudkan interoperabilitas antaranggota jejaring agar Perpustakaan Digital Nasional Indonesia segera dapat terwujud dan berfungsi sebagaimana yang diharapkan.

WAKTU

8 - 10 November 2011

TEMPAT

Hotel Mesra
Jl. Pahlawan 1, Samarinda
Telp. (0541) 732772 Fax. (0541) 741017
Website : www.hotelmesra.com