Tema

ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PERPUSTAKAAN DIGITAL

Kata Pengantar

Tren perkembangan perpustakaan dewasa ini adalah pemunculan dan pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk pengelolaan dan layanan perpustakaan. Pemanfaatan AI di perpustakaan berproses mengikuti penemuan teknologi baru khususnya teknologi informasi (TI). Proses awal adalah melakukan automasi di dalam seluruh proses bisnis perpustakaan (library housekeeping operations) menggunakan berbagai perangkat lunak automasi perpustakaan. Selain itu, pengelola perpustakaan dan pemustaka dewasa ini pada umumnya terlahir di era digital (digital natives). Mereka ini lebih mudah beradaptasi dengan perubahan TI termasuk AI, sehingga pengelolaan dan layanan perpustakaan berbasis AI menjadi idola pustakawan dan pemustaka di era sekarang ini. Walaupun secara teoritis pemanfaatan AI di perpustakaan sekarang ini dinyatakan relatif mudah, namun dalam praktiknya masih ditemukan masalah dan berbagai kendala baik dari sisi pustakawan maupun pemustaka. Berkaitan dengan hal itu, pustakawan, sivitas akademika, dan praktisi lainnya terus berupaya melakukan penelitian, observasi dan pemikiran berkaitan dengan pemanfaatan AI di perpustakaan. 

Berpijak dari latar belakang diatas, Perpustakaan Nasional RI bersama Forum Perpustakaan Digital Indonesia dan Universitas Lampung bermaksud menyelenggarakan Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-15 tahun 2024 dengan mengusung tema Artificial Intelligence (AI) dalam Perpustakaan Digital”. Kegiatan Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-15 tahun 2024 ini akan dilaksanakan di Kota Bandar Lampung pada tanggal 6 s/d 9 Agustus 2024.


Topik

Topik 1 : Peran AI dalam transformasi kepustakawanan digital​

Topik 2 : Pemanfaatan AI dalam ranah pendidikan, sosial, dan budaya: konteks hukum dan etika

Topik 3 : Pendayagunaan AI dalam pendidikan dan pengkajian ilmu-ilmu informasi

Topik 4 : AI dalam penguatan ketahanan budaya dan percepatan transformasi digital serta produksi talenta digital

Peserta

Kegiatan Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) Ke-15 Tahun 2024 diharapkan dapat diikuti dari berbagai elemen yaitu :


  1. Legislatif Tingkat Pusat maupun Daerah
  2. Pejabat Eksekutif (Penyusun Regulasi Pemerintah) Tingkat Pusat maupun Daerah
  3. Dosen, Guru, dan Mahasiswa
  4. Peneliti/Pemerhati Teknologi Informasi dan Digital
  5. Peneliti/Pemerhati Perpustakaan
  6. Koordinator/Ketua Tim Corporate Social Responsibility (CSR)
  7. Pustakawan dan Pengelola Perpustakaan

Penyelenggara